Pada
hakikatnya setiap manusia mempunyai suatu tujuan dan cita - cita yang akan
dicapai di kemudian hari. Oleh karena itu dibutuhkan suatu kerja keras dan
usaha maksimal untuk mewujudkan dan mencapai apa yang dicita – citakan agar
tidak hanya menjadi sebuah impian dan angan – angan yang tidak akan pernah
terwujud dikarenakan tidak adanya suatu tindakan yang nyata untuk
merealisasikan tujuan dan cita – cita tersebut. Tidak hanya tujuan masing –
masing individu , begitu juga tujuan suatu kelompok atau sebuah organisasi atau
yang biasa disebut dengan visi dan misi dibutuhkan suatu kerja keras dan usaha
maksimal dari masing – masing anggota kelompok untuk menjalankan visi dan misi
yang ada dalam suatu kelompok atau organisasi.
Menurut
Kamus Besar Bahasa Indonesia, organisasi adalah 1 kesatuan (susunan dsb)
yang terdiri atas bagian-bagian (orang dsb) dalam perkumpulan dsb untuk tujuan
tertentu; 2 kelompok kerja sama antara orang-orang yang diadakan untuk
mencapai tujuan bersama; sedangkan menurut wikipedia organisasi (berasal dari
bahasa yunani yaitu kata organon yang berarti alat) adalah suatu kelompok orang
dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. Jadi dapat disimpulkan bahwa hakekat
organisasi, materi yang juga didapat di Padamu Himatika 2011 adalah sekumpulan
orang yang berkumpul dalam suatu wadah yang terstruktur dan memiliki tujuan
yang sama.
Dari
sekumpulan individu yang berkumpul membentuk suatu organisasi tersebut
dibutuhkan beberapa hal yang menunjang untuk keberlangsungan suatu organisasi.
Beberapa hal yang menunjang tersebut
yaitu Loyal (loyal), Professional (profesional), Inisiative (inisiatif),
Care (peduli) dan Teamwork (kerja sama tim). Yang pertama Loyal (loyal),
menurut kamus besar bahasa indonesia loyal berarti patuh, setia. Loyal sangat erat kaitannya dengan kesetiaan, kepatuhan
para anggota dari suatu organisasi untuk dapat bekerja secara maksimal dan
berkontribusi demi kemajuan suatu organisasi itu sendiri. Loyal kadang juga
diartikan sebagai bentuk keseriusan dan kesetiaan pada sesuatu yang
diyakininya. Bentuk nyata dari loyal itu sendiri dapat diperlihatkan misalnya
dengan menaati semua peraturan dan tata tertib yang ada di organisasi, ikut
berperan aktif dalam segala kegiatan dan acara yang menjadi program kerja
organisasi serta bekerja secara maksimal demi kemajuan suatu organisasi.
Selanjutnya
hal penting yang dapat menunjang keberlangsungan dan kemajuan suatu organisasi
yaitu Proffesional (profesional), Profesional menurut kamus besar bahasa
indonesia mempunyai arti : 1 bersangkutan dengan profesi; 2
memerlukan kepandaian khusus untuk menjalankannya. Kesimpulannnya profesional
adalah kepandaian / kemampuan dan keahlian khusus pada suatu bidang pekerjaan
guna mendapat hasil sempurna dan maksimal. Begitu juga pada suatu organisasi
dibutuhkan sikap profesionalitas untuk melaksanakan suatu program kerja secara
maksimal.
Berikutnya
hal yang dapat menunjang keberlangsungan dan kemajuan suatu organisasi adalah
Inisiative (inisiatif), menurut kamus besar bahasa indonesia sendiri inisiatif
bermakna prakarsa. Inisatif sendiri berasal dari bahasa inggris yaitu
initiative yang memiliki arti kekuatan atau kemampuan untuk memulai atau
meneruskan suatu perbuatan dengan penuh energi tanpa petunjuk dari yang lain
atau atas kehendak sendiri. Inisiatif diperlukan dalam setiap pengambilan
keputusan, diharapkan dari masing -
masing anggota yang ada di dalam organisasi bisa menjadi pemrakarsa atau
pelopor dari setiap gerakan maupun kegiatan yang akan dilaksanakan oleh
organisasi tersebut Sehingga ada suatu inovasi baru melihat inisiatif dari
masing – masing anggota organisasi.
Selanjutnya
adalah Care (Peduli), menurut kamus besar bahasa indonesia peduli berarti memperhatikan.
Peduli adalah suatu tindakan yang didasari pada keprihatinan terhadap masalah
orang lain. Setiap anggota dari organisasi seharusnya memiliki sikap peduli
dengan anggota yang lain sehingga timbul suatu keadaan saling memiliki yang
didasari dengan merasakan apa yang dirasakan orang lain sehingga tercipta suatu
ikatan yang dapat mempererat rasa persaudaraan dari tiap individu yang ada pada
suatu organisasi. Sikap peduli dapat didapat ketika kita memposisikan diri kita
pada posisi orang lain sehingga timbul rasa prihatin untuk membantu atau
sekedar untuk mengurangi masalah orang lain. Dari sikap peduli ini suatu
organisasi dapat berjalan dengan apa yang direncanakan karena masing – masing
anggota yang ada didalamnya memiliki suatu ikatan yang kuat sehingga dapat
menunjang keberlangsungan organisasi untuk mencapai kemajuan organisasi
tersebut.
Lalu
hal yang terakhir yang penting agar dapat menunjang keberlangsungan dan
kemajuan suatu organisasi yaitu Teamwork (kerjasama tim), menurut kamus besar
bahasa indonesia Teamwork (kerjasama tim) adalah kegiatan atau usaha yg
dilakukan oleh beberapa orang (lembaga, pemerintah, dsb) untuk mencapai tujuan
bersama. Kerja sama tim atau teamwork adalah keinginan untuk bekerja sama
dengan orang lain secara kooperatif dan menjadi bagian dari kelompok. Selain
itu Kerjasama tim (team work) adalah kemampuan dari sekelompok individu untuk
dapat bekerjasama menuju visi yang sama.. Bukan bekerja secara terpisah atau
saling berkompetisi. Kompetensi kerjasama menekankan peran sebagai anggota
kelompok, bukan sebagai pemimpin. Kelompok disini dalam arti yang luas, yaitu
sekelompok individu yang menyelesaikan suatu tugas atau proses. Teamwork sangat
dibutuhkan dalam sebuah organisasi guna melaksanakan suatu kegiatan ataupun
program kerja yang ada pada organisasi. Tanpa teamwork masing – masing anggota
akan berjalan sendiri – sendiri tanpa mempedulikan temannya sehingga dapat
berakibat gagalnya pelaksanaan suatu kegiatan ataupun program kerja yang ada di
suatu organisasi.
Ke
- 5 hal diatas sangat penting guna
menunjang keberlangsungan dan kemajuan suatu organisasi. Dengan memiliki
anggota organisasi yang Loyal (loyal), Professional (profesional), Inisiative
(inisiatif), Care (peduli) dan Teamwork (kerja sama tim) dapat memberikan efek
yang begitu besar bagi jalannya segala kegiatan yang ada pada suatu organisasi.
Dari ke – 5 hal itulah dapat menghasilkan sebuah Totalitas yang begitu
signifikan guna kemajuan suatu organisasi yang didalamnya berisi individu –
individu yang mempunyai ke – 5 hal yang menunjang keberlangsungan dan kemajuan
suatu organisasi. Dengan ke – 5 hal tersebut dapat tercapainya visi dan misi
yang menjadi tujuan bersama dalam suatu organisasi. Selan itu hasil maksimal
akan dicapai dari menjalankan ke – 5 hal tersebut. Loyal (loyal), Professional
(profesional), Inisiative (inisiatif), Care (peduli) dan Teamwork (kerja sama
tim) bersinergi sehingga menghasilkan suatu Totalitas yang luar biasa.
Totalitas tanpa batas !, Totalitas untuk sebuah kualitas !
Tidak ada komentar:
Posting Komentar