Wawasan FMIPA : FMIPA ITS Dulu dan Sekarang . . .


  • Sejarah FMIPA ITS

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Berdiri sejak tahun 1965. Pada awalnya, FMIPA dahulu bernama FIPIA (Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam) yang diresmikan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 72 Tahun 1965 yang memiliki 2 jurusan, yaitu Fisika dan Matematika. Kemudian pada tahun 1983, ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) mengalami perubahan struktur organisasi yang mengakibatkan ITS memiliki 5 Fakultas dan nama FIPIA berubah menjadi FMIPA dengan 4 jurusan, yaitu Fisika, Matematika, Statistika, dan Kimia. Pada tahun 1998, di FMIPA berdiri Program Studi Biologi, sehingga saat ini FMIPA ITS memiliki 5 (lima) jurusan, yaitu : Fisika, Matematika, Statistika, Kimia, dan Biologi. Program pendidikan yang diselenggarakan oleh FMIPA ITS meliputi Program D3, Program S1, Program S2, dan Program S3. Hingga sekarang sudah lebih dari 30 tahun FMIPA berdiri. Adapun sekarang stakeholder (penentu kebijakan) di FMIPA yang saat ini sedang menjabat sebagai berikut:
Dekan FMIPA         : Prof. Dr. Drs. R Y Perry Burhan, M.Sc
Pembantu Dekan FMIPA : DR. Mahmud Yunus, M.Si
Ketua Jurusan Fisika         : Dr. Yono Hadi Pramono, M.Eng
Ketua Jurusan Matematika : Dr. Erna Apriliani, M.Si
Ketua Jurusan Statistika         : Dr. Drs. Muhammad Mashuri, MT
Ketua Jurusan Kimia         : Hamzah Fansuri, S.Si, M.Si, Ph.D
Ketua Jurusan Biologi : Dr.rer.nat. Ir. Maya Shovitri, M.Sc

  • Sejarah BEM FMIPA ITS

Lembaga Mahasiswa  Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (LMF FMIPA) berdiri pada tanggal 20 Desember 2006. Berdirinya LMF FMIPA ITS ini  
diprakarsai oleh Forum Himpunan Mahasiswa Jurusan (FHMJ) yang terdiri dari Sudarno (Ketua HIMKA 2006-2007) sekaligus sebagai koordinator FHMJ, Ya'asurandi (Ketua HIMASIKA 2006-2007), Fajar P (Ketua HIMATIKA 2006-2007), Dandy Triyanto (Ketua HIMASTA 2006-2007), dan Yudha Permana (Ketua HIMABITS 2006-2007) atas jasa dan prakarsa dari beliau - beliau ini yang menjadikan LMF MIPA ITS sampai sekarang tetap ada dan keberadaanya dirasakan oleh seluruh civitas akademika FMIPA ITS. Sebelum adanya gagasan pembentukan LMF MIPA ITS di tahun 2006, LMF MIPA ITS sudah pernah ada dan berdiri. Namun berdirinya LMF MIPA ITS pada saat itu, belum ada struktur lembaga yang jelas dan mengalami kevakuman sejak tahun 2001. Hingga saat ini belum jelas LMF MIPA ITS pada waktu itu bernama apa dan seperti apa??
Kemudian di tahun 2006-2007 merupakan peristiwa yang bersejarah bagi dinamika Organisasi Mahasiswa yang ada di FMIPA ITS yaitu dengan terbentuknya LMF MIPA yang diprakarsai oleh FHMJ FMIPA. Terbentuknya LMF MIPA ITS karena adanya pemahaman dan kebutuhan yang sama. Sehingga pada saat itu seluruh anggota FHMJ menyatakan sepakat mendirikan LMF MIPA ITS. Gagasan awal terbentuknya LMF MIPA ITS adalah untuk memberdayakan keprofesian warga FMIPA ITS yang selama ini tenggelam untuk lebih ditingkatkan lagi, dan pemberdayaan potensi-potensi SDM di FMIPA ITS untuk membentuk karakter ataupun ciri khas yang dimiliki FMIPA ITS yang tidak dimiliki oleh fakultas-fakultas lainnya. Diawal berdirinya LMF MIPA ITS mendapat dukungan penuh dari pihak birokrasi fakultas sehingga untuk masalah pendanaan dan fasilitas segera diakomodir oleh pihak birokrasi fakultas. LMF MIPA ITS adalah nama lembaga ataupun ormawa yang ada di tingkat fakultas. Di dalam LMF sendiri terdapat lembaga-lembaga legislatif, yudikatif dan eksekutif yang fungsi dan mekanisme pembentukannya diserahkan sepenuhnya pada anggota LMF. Dalam hal ini fungsi lembaga eksekutif dijalankan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa tingkat fakultas.
Akhirnya pada tanggal  19 Maret 2007 terpilih presiden Badan Eksekutif Mahasiswa FMIPA ITS yang pertama kali yaitu M. Slamet dari jurusan Statistika dan pada tanggal 11 Mei 2007 terbentuknya kepengurusan BEM FMIPA ITS 2007-2008 dengan turunnya SK Dekan dari Fakultas. Dan Berturut – turut BEM FMIPA ITS dipimpin oleh Dzulfikar Diyan Nur Ilmi (Statistika), Faris (Statistika) Gigih Wahyu Akbar (Fisika), Dwi Joko Fakhrur R (Statistika), Pebrian Tungga (Fisika) dan hingga sekarang diketuai oleh Doni Rubiagatra (Matematika)

  • Peran dan posisi BEM FMIPA ITS dalam KM ITS
Potongan Gambar “STRUKTUR KELUARGA MAHASISWA ITS”

Penjelasan dari potongan gambar STRUKTUR KELUARGA MAHASISWA ITS yaitu BEM Fakultas berada di bawah BEM ITS dan dihubungkan dengan garis Instruktif Koordinatif selain itu BEM Fakultas dalam hal ini BEM FMIPA ITS yang saat ini diketuai oleh Doni Rubiagatra membawahi 5 Himpunan Mahasiswa Jurusan yang sesuai dengan struktur KM ITS dihubungkan dengan garis Instruktif Koordinatif yaitu HIMASIKA (Himpunan Mahasiswa Fisika) ITS yang diketuai oleh Asdi Prasetyo, HIMATIKA (Himpunan Mahasiswa Matematika) ITS yang diketuai oleh M. Isman Safii, HIMASTA (Himpunan Mahasiswa Statistika) ITS yang diketuai oleh Aulia Ahmad, HIMKA (Himpunan Mahasiswa Kimia) ITS yang diketuai oleh Rasyied Wahyudi dan HIMABITS (Himpunan Mahasiswa Biologi) ITS yang diketuai oleh Yudi Apriyatmoko. Dalam potongan gambar tersebut BEM Fakultas dalam hal ini BEM FMIPA ITS dihubungkan dengan garis pertanggungjawaban ke kongres fakultas maksudnya forum pertanggungjawaban tingkat fakultas nantinya berada di kongres fakultas yang diadakan oleh DPM F dalam hal ini DPM FMIPA yang mempunyai fungsi kontrol terhadap BEM FMIPA dan memberi rekomendasi atau rujukan ke kongres fakultas. DPM FMIPA sendiri berasal dari distrik masing – masing jurusan. DPM FMIPA bertanggungjawab kepada mahasiswa FMIPA di jurusannya masing – masing. Menurut Konstitusi Dasar Keluarga Mahasiswa ITS BEM Fakultas, dalam Menjalankan aktifitas kemahasiswaan di tingkat fakultas bergerak dalam bidang sosial masyarakat. Karena FMIPA sangat dekat dengan hal yang berbau pengajaran alangkah baiknya kegiatan sosial masyarakat yang ada di FMIPA lebih ke pada bidang pengajaran meski tanpa mengesampingkan bidang - bidang yang lain. yang terakhir menjadi penutup tulisan ini, 2 kata yang menyatukan kita semua mahasiswa FMIPA ITS, VIVAT MIPA !!!

*Angga Firmansyah-FMIPA Matematika 2011
Ketua Departemen Dalam Negeri BEM FMIPA ITS 2013-2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram